Sabtu, 13 Oktober 2018

PHP


2.4 Pengertian PHP
PHP atau singkatan dari Hypertext Preprocessor  adalah bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat web dinamis, meskipun juga bisa dipakai untuk membuat program lain. Bahasa pemrograman ini berbeda dengan HTML, sebab pada PHP Script/kode yang di buat tidak bisa di tampilkan di halaman website begitu saja, akan tetapi harus diproses dahulu oleh web server kemudian di tampilkan dalam bentuk halaman website di web browser. Script PHP juga bisa di sisipkan di HTML dan script PHP selalu diawali dengan <?php dan di akhiri dengan ?>. Manajamen database yang seringnya dipakai untuk pemrograman PHP contohnya MySQL, tapi ada juga yang memakai Oracle,  Microsoft Access,  dan sebagainya. PHP dikenal juga sebagai bahasa pemrograman script server side,  sebab PHP di proses pada komputer server. Pada tahun tahun 1995, Rasmus Lerdorf mengembangkan bahasa pemrograman PHP, dan saat ini dikelola oleh The PHP Group.  Pemrograman web dinamis PHP juga bisa dipakai untuk membangun sebuah CMS.

2.4.1  Sejarah PHP
Pada awalnya  merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal).  PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995.  Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.  Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI.  Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka,  maka banyak pemrograman yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Sehingga PHP banyak di pakai orang pada zaman sekarang ini

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998,  perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi. Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini,  inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemerograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.
Versi terbaru dari bahasa pemograman PHP adalah versi 5.6.4 yang resmi dirilis pada tanggal 18 Desember 2014 yang kemudian di perbarui lagi dengan versi teranyar yaitu PHP 7 yang di 17 Desember 2015.
2.4.2        Kelebihan PHP dan Kekurangan PHP
Adapun kelebihan dari php adalah sebagai berikut:
a.    Banyak web server yang mendukung bahasa pemrograman PHP yang membuat konfgurasi nya semakin mudah seperti Apache, IIS,  Xitami, Nginx, dan sebagainya.
b.    Pengembangan bahasa pemrograman PHP lebih mudah, sebab banyak developer yang membantu mengembangkannya ataupun memakainya.
c.    Mudah dipahami, sebab saat ini banyak tersebar materi-materi/referensi untuk mempelajari PHP.
d.   Bahasa pemrograman PHP juga disisipkan di sisipkan ke HTML.
e.    Sesuai dipakai untuk pemrograman web dinamis, meskipun juga bisa untuk membuat program komputer lainnya.
f.     PHP adalah bahasa pemrograman yang sifatnya Open Source, jadi bisa di pakai di banyak sistem operasi komputer dan pastinya gratis.
Adapun kelemahan  dari php adalah sebagai berikut:
a.    Keamanan kurang baik apabila programer tidak memperhatikan keamanan dari program yang ia buat.
b.    Encoding kode PHP saat ini sangat mahal, sebab membutuhkan tool tertentu.
c.    Kurang sesuai untuk pengembangan program komputer yang skala nya besar.
3. Jenis/Tipe Data pada PHP
a.    Integer adalah tipe data PHP berupa bilangan bulat sehingga sering dipakai pada pemrograman PHP yang berkaitan dengan bilangan bulat.
b.    Float di katakan juga bilangan ber koma (,) tetapi dalam pemrograman nya tidak memakai koma melainkan titik (.).
c.    String adalah tipe data yang berupa karakter,  bisa berupa teks atau pun kata.
d.   Boolean adalah tipe data yang bisa bernilai True atau False dimana biasanya dipakai untuk logika, misalnya pada kondisi if atau looping (pengulangan).
e.    Array adalah kumpulan dari tipe data yang didalamnya mempunyai banyak nilai. Sehingga bisa dikatakan array adalah tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data.
f.     Tipe data objek bisa berupa bilangan, fungsi, atau variabel yang dipakai agar programer terbiasa dengan Objek Oriented Programing (OOP). Jadi data yang di masukan pada srcript program bisa diringkas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

login siswa

teman teman semua pada binggung cara buat from login siswa menggunakan php atau html .tanpa panjang lebar ini dia kodingnya <!DOCTYPE ht...