Sabtu, 13 Oktober 2018

MySQL


     PENGERTIAN         MySQL 
MySQL pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas untuk memanajemen sistem dengan basis data SQL yang sudah multithreat serta multiuser. Mungkin bagi Anda yang tidak memiliki dasar pengetahuan mengenai sistem jaringan komputer atau basis data akan kebingungan untuk mengetahui pengertian tersebut. Oleh karena itu mari kita tilik satu persatu makna dari pengertian MySQL di atas.
Basis data sendiri adalah sebuah kumpulan dari informasi-informasi penting yang telah teroganisasi dengan baik dengan sedemikian rupa sehingga mudah untuk diubah, dipanggil, dihapus ataupun disimpan. Penggunaan basis data biasanya diaplikasikan pada komputer. Basis data ini banyak dipilih dan digunakan karena keakuratannya serta kecepatannya dalam mengolah data, selain itu efisiensi kerja, kelengkapan,  kemudahan dalam berbagi, serta keamanannya juga sangat baik.
Kemudian pengertian dari SQL adalah sebuah bahasa yang menjadi standar dalam pengolahan data relasional. Nah dari dua pengertian di atas kita dapat membuat pengertian dari MySQL yang lebih mudah dipahami yaitu adalah sebuah perangkat lunak pengolah suatu basis data relasioal. Saat kita hendak menggunakan sistem basis data,  kita harus memenuhi beberapa komponen utama dari basis data tersebut.  Komponen komponen tersebut diantaranya adalah hardware atau perangkat keras,  sistem operasi,  database,  user atau pemakai,  aplikasi,  serta sebuah tujuan yang jelas.
Dalam pengoperasiannya pun juga tidak semudah yang dibayangkan terdapat banyak masalah ketika kita sedang mengolah data tersebut diantaranya adalah masalah keamanan,  biasanya pada perusahaan tertentu data yang diolah adalah suatu data yang sangat rahasia sehingga sangat berbahaya apabila sampai dicuri oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.
Berdasarkan DB-Engines Ranking, Popularitas MySQL menempati peringkat 2 di Desember 2017 ketika tulisan ini dibuat. Pada peringkat pertama, Oracle masih menjadi yang terdepan sebagai database paling popular.
Parameter yang digunakan DB-Engines dalam menentukan peringkat adalah melalui banyaknya database ini disebutkan atau dicari atau dibahas pada Search Engine (Google, Bing, Yandex), Google Trends, banyaknya job offers mengenai MySQL, banyaknya profile professional network seperti Linkedin / Upwork.



2.5.1.    Sejarah MySQL 
Kembali lagi mengenai MySQL, aplikasi ini pertama kali ditemukan pda tahun 1979 oleh seorang programmer jenius asal Swedia yang bernama Michael Widenius. Untuk saat ini MySQL didukung oleh sebuah perusahaan komersial asal swedia yaitu: MySQL AB. MySQL AB sendiri didirikan oleh penemu MySQL sendiri bersama dua orang rekannya yaitu David Axmark dan Allan Larsson.
Penggunaan MySQL sendiri sudah sangat luas di dunia karena bersifat open source atau dengan kata lain gratis sehingga menjadi aplikasi paling populer digunakan saat ini. Selain itu MySQL juga memiliki 10.000 tabel dan 500 diantaranya memuat 7 juta baris.

2.4.2        Kelebihan & Keunggulan MySQL

Adapun kelebihan dari MySQL adalah sebagai berikut:

a.    Gratis / Freeware

b.    MySQL berada pada naungan lisensi GPL sehingga kita dapat menggunakannya secara legal.

c.    Kecepatan

d.   MySQL memang dikenal karena kecepatannya yang lebih cepat daripada aplikasi sejenisnya. Mekanisme dalam sistem mysql membuatnya dapat menangani banyak data dalam waktu yang singkat.

e.    Reability atau dapat dipercaya

f.     MySQL sendiri walaupun bersifat gratis tetapi ternyata dapat diandalkan karena didukung oleh ribuan programmer handal di seluruh dunia sehingga dapat meminilakan kemungkinan hang atau eror serta mencegah adanya bug yang mungkin menganggu kerja kita. Selain itu juga para programmer di seluruh dunia dapat berperan untuk melakukan test case secara bergantian selama 24 jam nonstop, hal ini tentu membuah banyak orang yang semakin percaya dengan MySQL.

g.    Skala yang sangat besar

h.    Keunggulan dari MySQL yang berikutnya adalah skalanya yang sangat besar. Biasanya apabila kita menggunakan aplikasi dengan skala yang besar, maka kecepatannya akan menurun. Namun tidak demikian dengan MySQL karena kecepatannya tetap stabil.
i.      Selain itu tingkat komplesitasnya yang tinggi dan mendukung sistem multi prosessor membuat MySQL banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan besar seperti GooglefacebookWikipedia atau bahkan perusahaan sekelas NASA pun juga ikut menggunakan MySQL karena keunggulannya ini.
Karena telah terbukti banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan besar maka Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakan aplikasi MySQL dalam pekerjaan Anda.

a.    Mudah untuk di download dan di install

Selanjutnya MySQL juga sangat mudah untuk di download dan di install, hal ini banyak membuat para pemula lebih tertarik menggunakan aplikasi MySQL untu belajar.

b.    Mudah untuk dipindahkan dari satu sistem operasi ke sistem operasi

c.    Keunggulan lain dari MySQL adalah juga sangat mudah untuk dipindahkan dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya misalnya dari Windows ke Linux.

d.   Memiliki banyak sekali tipe data

e.    Kemudian MySQL juga memiliki banyak sekali tipe data sehingga sangat memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

f.     Sistem terenkripsi

Aplikasi MySQL juga telah dilengkapi dengan sistem enkripsi atau password yang tentunya akan menambah keamanan data data yang Anda simpan.

g.    Memiliki banyak pilihan bahasa

MySQL juga memiliki banyak pilihan bahasa sehingga sangat mudah untuk digunakan, terdapat lebih dari 15 bahasa yang dapat dipilih sesuai kemampuan.
Adapun kelemahan  dari MySQL adalah sebagai berikut:

a.    Kurang mendukung pemrogaman visual basic ataupun desktop

MySQL lebih cenderung diperuntukkan aplikasi-aplikasi berbasis web dan mobile, sehingga untuk anda yang akan membuat aplikasi desktop, mysql bukan pilihan yang tepat.

b.    Keterbatasan Bahasa Pemrogaman yang di support

Selaian itu juga keterbatasan bahasa pemrogaman yang kurang lengkap dalam mendukung aplikasi MySQL seperti Delphi atau Foxpro sehingga harus disesuaikan dahulu dengan bahasa pemrogaman yang lebih mendukung dengan MySQL.Aplikasi MySQL juga belum mendukung fungsi windowing dan juga data yang dapat ditangani belum terlalu besar.Namun, pada dasarnya, setiap ada versi baru, maka ada sebuah segmen di mysql yang telah diperbaiki atau ditambah. Oleh karena itu, tentunya versi yang baru memberikan sesuatu yang lebih bagus untuk digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

login siswa

teman teman semua pada binggung cara buat from login siswa menggunakan php atau html .tanpa panjang lebar ini dia kodingnya <!DOCTYPE ht...